Tuesday, March 23, 2010

Ekstensi File Dokumen .doc Versus .docx

Ekstensi file .doc merupakan jenis file untuk dokumen yang dibuat dengan program aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word, Open Office Writer, Abiword, dan lain-lain. Format file ini sangat populer dari dulu sampai sekarang belum ada yang menggantikan ekstensi file ini untuk pengetikan.

Dengan keluarnya Microsoft Office 2007 maka pada Microsoft Word terdapat satu format penyimpanan dokumen baru yaitu .docx yang merupakan ekstensi file baru untuk dokumen. Sistem Microsoft Office 2007 yang baru memperkenalkan format file berdasar XML. Format ini disebut Microsoft Office Open XML. Tidak hanya file word saja, Microsoft Office 2007 juga memakai format penyimpanan yang baru seperti .pptx untuk Power Point dan .xlsx untuk Excel.

Apakah Kelebihan dari Format Baru ini?
Beberapa kelebihan dan keuntungan jika menyimpan file ke dalam format XML ini di antaranya:

Salah satu kelebihannya yaitu ukuran file yang kecil, karena dikompress sekitar 75% ukuran file semula. Kemudian Office 2007 dapat meningkatkan kemampuan untuk file recovery alias memperbaiki
file secara otomatis apabila terjadi kerusakan. Hal ini karena secara konsep sebuah file memiliki komponen-komponen yang akan tersimpan sendiri-sendiri misalnya tabel, grafik, dan sebagainya. Dengan demikian, diharapkan apabila terjadi kerusakan tidak seluruh komponen ikut rusak.

Lebih mudah mendeteksi dokumen yang berisi makro. File yang tersimpan menggunakan default nama ekstension “x” (seperti .docx dan .pptx) tidak dapat diisi dengan makro VBA (Visual Basic for Applications) maupun kendali dari ActiveX controls. Oleh karenanya akan terhindar dari kemungkinan terjangkiti virus file. Hanya file-file yang nama belakangnya mengandung “m” (seperti .docm dan xlsm) dapat mengandung makro VBA dan kendali dariActiveX, yang tersimpan pada bagian tersendiri dari file tersebut. Dengan pemisahan nama file tersebut itulah yang akan memu dahkan pengecekan kemungkinan suatu file mengandung virus makro atau tidak.
Meningkatkan privacy dan memudahkan kontrol dalam informasi yang bersifat personal sehingga dokumen-dokumen akan dapat diedarkan tanpa kehilangan privacy Anda. Dalam hal ini misalnya pada dokumen-dokumen yang bersifat informasi penting dan sensitif seperti identifikasi personal, nama penulis, comments, tracked changes, dan file paths dapat diidentifikasi atau justru dihapus menggunakan Document Inspector. Format baru ini memiliki tingkat kemampuan untuk berintegrasi dan interoperability menggunakan sesama format Office XML. Hal ini berarti di dalam kerangka kerja Office 2007 documents (Word), worksheets (Excel), presentations (PowerPoint), dan formulir (Acces) dapat disimpan dalam format XML.

Pada saat awal-wal kita mengenal format baru ini, mungkin kita belum tertarik untuk memanfaatkannya. Namun karena fasilitas ini diperhitungkan untuk masa ke depan, maka suatu saat Anda akan merasa membutuhkan kelebihan ini.

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

No comments: